Program Sarjana Terapan (Diploma Empat)

Berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan Program Diploma Empat (SK Mendikbud Nomor 382/E/O/2012 tanggal 9 Nopember 2012), sejak tahun akademik 2013/2014 Program Diploma Teknik Sipil (PDTS) menerima mahasiswa baru Program Sarjana Terapan (Diploma Empat) melalui Seleksi Masuk ITS (SMITS). PDTS juga telah mendapat akreditasi dari BAN-PT Dikti pada Tahun 2014 dengan SK BAN PT Nomor 467/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/XII/2014. Program Diploma Teknik Sipil ini dalam waktu dekat akan bertransformasi menjadi Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil, mengikuti Kepmen Ristekdikti Nomor 57/M/KPT/2019 tentang nama Program Studi di Perguruan Tinggi dan Keputusan Dirjen Belmawa Nomor 46/B/HK/2019 tentang Daftar Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi.

Sebagai Perguruan Tinggi dengan status berbadan hukum (PTN-BH) maka Rektor ITS pada tahun 2019 telah menetapkan pembukaan 7 (tujuh) Program Studi Sarjana Terapan (Diploma Empat) di lingkungan Fakultas Vokasi sebagai berikut:

  1. Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air
  2. Teknologi Rekayasa Manufaktur
  3. Teknologi Rekayasa Konversi Energi
  4. Teknologi Rekayasa Otomasi
  5. Teknologi Rekayasa Kimia Industri
  6. Rekayasa Teknologi Instrumentasi
  7. Statistika Bisnis

Sesuai dengan Perpres No. 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Surat Edaran Mendikbud No. 498/E/T/2011 bahwa lulusan program Sarjana Terapan (Diploma Empat) setara dengan lulusan program S1, dengan beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S1 merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan ilmu, maka program Sarjana Terapan merupakan pendidikan yang berorientasi pada penerapan ilmu dengan tujuan utama menyiapkan lulusannya agar mempunyai kompetensi siap kerja.

Program pendidikan Sarjana Terapan terdiri dari 40% untuk kegiatan yang bersifat teoritis dan 60% untuk kegiatan yang berupa praktek, seperti antara lain responsi, asistensi, praktek di laboratorium dan/atau lapangan, serta magang kerja. Kurikulum ini sangat sesuai untuk lulusan SMU/MA/SMK yang lebih menyukai hal-hal yang bersifat terapan atau aplikatif dan ingin langsung bekerja setelah menyelesaikan studinya.

Pilihan Prodi dan Daya Tampung

Pilihan program studi pada Seleksi Masuk ITS-Program Sarjana Terapan tahun akademik 2019/2020 terdiri dari 8 (delapan) Prodi Sarjana Terapan sebagai berikut:

  1. Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil)
  2. Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air
  3. Teknologi Rekayasa Manufaktur
  4. Teknologi Rekayasa Konversi Energi
  5. Teknologi Rekayasa Otomasi
  6. Teknologi Rekayasa Kimia Industri
  7. Rekayasa Teknologi Instrumentasi
  8. Statistika Bisnis

Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).

Berikut pilihan program studi dan daya tampung yang tersedia.

NO PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG TOTAL
Kelompok I
(Prestasi SMK)
Kelompok II
(Prestasi SMU/MA)
Kelompok III Kelompok IV
1 Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) 18 9 36 27 90
2 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air 18 9 36 27 90
3 Teknologi Rekayasa Manufaktur 18 9 36 27 90
4 Teknologi Rekayasa Konversi Energi 18 9 36 27 90
5 Teknologi Rekayasa Otomasi 18 9 36 27 90
6 Teknologi Rekayasa Kimia Industri 18 9 36 27 90
7 Rekayasa Teknologi Instrumentasi 18 9 36 27 90
8 Statistika Bisnis 18 9 36 27 90
TOTAL 144 72 288 216 720

Persyaratan Pendaftaran

  1. Lulusan SMU/MA/SMK dan sederajat jurusan IPA tahun 2017, 2018, dan 2019.
  2. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba, serta tidak buta warna bagi yang mendaftar pada prodi Teknologi Rekayasa Otomasi, Teknik Kimia Industri, dan Rekayasa Teknologi Instrumentasi.

Sistem Penerimaan dan Biaya Pendidikan

Sistem penerimaan calon mahasiswa baru program Sarjana Terapan tahun akademik 2019/2020, dilakukan dalam 4 (empat) kelompok yaitu sebagai berikut:

  1. Kelompok I (Prestasi SMK)
  2. Kelompok ini dikhususkan bagi siswa lulusan SMK yang mempunyai prestasi di bidang akademis maupun non akademis, serta mendapat rekomendasi dari sekolah. Biaya pendidikan pada kelompok I akan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberlakukan di ITS. Besaran UKT ITS akan ditentukan dengan Indeks Kemampuan orang tua. Range nilai UKT ITS, terendah Rp. 500.000,- dan tertinggi Rp. 7.500.000,- per semester.

  3. Kelompok II (Prestasi SMU/MA)
  4. Kelompok ini dikhususkan bagi siswa SMU/MA (non-SMK) yang mempunyai prestasi di bidang akademis maupun non akademis, serta mendapat rekomendasi dari sekolah. Biaya pendidikan pada kelompok II akan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberlakukan di ITS. Besaran UKT ITS akan ditentukan dengan Indeks Kemampuan orang tua. Range nilai UKT ITS, terendah Rp. 500.000,- dan tertinggi Rp. 7.500.000,- per semester.

  5. Kelompok III (Reguler)
  6. Biaya pendidikan pada kelompok III akan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberlakukan di ITS. Besaran UKT ITS akan ditentukan dengan Indeks Kemampuan orang tua. Range nilai UKT ITS, terendah Rp. 500.000,- dan tertinggi Rp. 7.500.000,- per semester.

  7. Kelompok IV (Mandiri)
  8. Biaya pendidikan pada kelompok IV ini adalah UKT sebesar Rp. 7.500.000,- per semester dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp. 50.000.000 dibayarkan 1 (satu) kali selama kuliah dan dibayarkan pada saat daftar ulang atau regristrasi.

Pilihan kelompok akan ditanyakan pada saat calon peserta melakukan pendaftaran on line. Setiap calon peserta wajib memilih salah satu dari pilihan kelompok yang tersedia.

Mekanisme Seleksi

Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website ITS di http://smits.its.ac.id pada tanggal 25 Juni s.d. 21 Juli 2019.

Tata Cara Pendaftaran Online

Tata cara pendaftaran program Sarjana Terapan dilaksanakan secara on line dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KAP, PIN dan Kode Pembayaran. Calon peserta menuliskan Nama Lengkap yang sesuai dengan Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL), tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran, KAP dan PIN. Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 12 digit, PIN Pendaftaran sepanjang 16 digit, Kode pembayaran sepanjang 18 digit. PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja setelah dilakukan pembayaran. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab calon peserta.
  2. Dengan menggunakan kode pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 mulai tanggal 25 Juni s.d. 21 Juli 2019 melalui loket/ Teller/ ATM/ Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN dan Bank Jatim (PERHATIAN : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 21 Juli 2019 pukul 24.00 WIB.
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Diploma Empat. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    • Slip pembayaran.
    • File pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  4. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan KAP dan PIN yang tercantum dalam slip pembayaran.
  5. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  6. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  7. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk ITS Program Sarjana Terapan. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa saat mendaftar ulang ketika peserta telah resmi dinyatakan diterima.

Pelaksanaan Seleksi

Bagi peserta Kelompok I dan II, seleksi masuk dilakukan berdasarkan portofolio akademik, data prestasi, dan surat rekomendasi dari sekolah. Data pendukung kelompok I dan II diupload melalui website ITS. Sedangkan bagi peserta seleksi Kelompok III dan IV, seleksi masuk dilakukan menggunakan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2019 dengan mengikuti Kelompok Ujian Saintek. Nilai UTBK diupload melalui website ITS.

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi ujian masuk Program Sarjana Terapan akan diumumkan pada hari Jum’at, tanggal 26 Juli 2019, di website ITS http://smits.its.ac.id

Pendaftaran Ulang

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian masuk diwajibkan melakukan pengisian data secara online dengan mengisi biodata dan unggah dokumen yang disyaratkan melalui laman http://sipmaba.its.ac.id pada tanggal : 27-29 Juli 2019 dan mendaftar ulang pada:

Hari : Selasa, Rabu, Kamis, dan Jum'at
Tanggal : 30 Juli s.d. 2 Agustus 2019
Pukul : 08.00 s.d. 15.00 WIB
di Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahtreraan Mahasiswa (BAPKM), Kampus ITS Sukolilo Surabaya dengan ketentuan yang akan dikeluarkan pada saat pengumumam hasil seleksi.

Perkuliahan

Kuliah semester Gasal 2019/2020 akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus 2019.

Informasi Lebih Lanjut

Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahtreraan Mahasiswa (BAPKM)
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111

Telp. 031 5994251-54
Ext. 1012
e-mail: baakcare@its.ac.id

Tanggal Penting

Pendaftaran 25 Juni - 21 Juli 2019
Upload Data Prestasi (khusus Kelompok I dan II) dan Nilai UTBK (Kelompok III dan IV) 25 Juni - 21 Juli 2019
Pengumuman hasil 26 Juli 2019
Pengisian data secara online 27 - 29 Juli 2019
Pendaftaran ulang 30 Juli - 2 Agustus 2019
Awal perkuliahan 26 Agustus 2019