Pengantar

  • Progam Diploma Empat (D-IV)
  • Berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan Program Diploma IV (SK Mendikbud Nomor 382/E/O/2012 tanggal 9 Nopember 2012), sejak tahun akademik 2013/2014 Program Diploma Teknik Sipil (PDTS) menerima mahasiswa baru Program Diploma IV melalui Seleksi Masuk ITS (SMITS). PDTS juga telah mendapat akreditasi dari BAN-PT Dikti pada Tahun 2014 dengan SK BAN PT Nomor 467/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/XII/2014. Berdasarkan Peraturan Rektor ITS No. 10 Tahun 2016 pasal 101, PDTS menjadi Program Diploma Teknik Infrastruktur Sipil.

    Sesuai dengan Perpres No. 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Surat Edaran Mendikbud No. 498/E/T/2011 bahwa lulusan program D-IV setara dengan lulusan S1, dengan beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S-1 (Sarjana) merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan keilmuan dan penelitian, maka program D-IV merupakan program vokasi (terapan) yang bersifat lebih kearah aplikasi/penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis dan dengan tujuan utama agar lulusan yang dihasilkan siap kerja.

    Program pendidikan D-IV terdiri dari 35% jam untuk kegiatan yang bersifat teori (kuliah) dan 65% jam untuk kegiatan praktek (seperti responsi, asistensi, praktikum, magang kerja dan pengerjaan tugas). Kurikulum ini sangat sesuai untuk lulusan SMA/MA/SMK yang lebih menyukai hal-hal yang bersifat aplikasi/terapan dan ingin mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

  • Program Diploma Tiga (D-III)
  • Sistem penerimaan calon mahasiswa baru melalui SMPV-ITS Tahun Akademik 2018/2019 juga menerima calon mahasiswa untuk Program Diploma Tiga Reguler, dan Program Diploma Tiga Kerjasama Disnaker. Tujuan program pendidikan Diploma Tiga adalah memberikan kesempatan kepada lulusan SMA, SMK, MA, dan yang sederajat untuk memperoleh pendidikan yang berorientasi pada kemampuan keterampilan terapan.

Pilihan Prodi dan Daya Tampung

Pilihan program studi pada SMPV-ITS tahun akademik 2018/2019 terdiri dari 1 (satu) Prodi Sarjana Terapan dan 8 (delapan) Prodi Diploma Tiga, sebagai barikut:

Program Sarjana Terapan (D-IV) Program Diploma Tiga (D-III)
  1. Program Studi Teknik Sipil
  1. Diploma Tiga Teknik Sipil
  2. Diploma Tiga Teknik Mesin Industri
  3. Diploma Tiga Teknik Mesin Industri Kerjasama Disnaker
  4. Diploma Tiga Teknik Elektro Otomasi
  5. Diploma Tiga Teknik Elektro Otomasi Kerjasama Disnaker
  6. Diploma Tiga Teknik Kimia Industri
  7. Diploma Tiga Teknik Instrumentasi
  8. Diploma Tiga Statistika Bisnis

Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan). Pilihan bisa merupakan kombinasi satu program sarjana terapan dan dua program diploma tiga, atau tiga program studi diploma tiga saja.

Berikut pilihan program studi dan daya tampung yang tersedia.

No Program Studi Daya Tampung Total
Kelompok I Kelompok II
1 Sarjana Terapan (D-IV) Teknik Sipil 64 16 80
2 D-III Teknik Sipil 32 8 40
3 D-III Teknik Mesin Industri 64 16 80
4 D-III Teknik Mesin Industri Kerjasama Disnaker *) 40 40
5 D-III Teknik Elektro Otomasi 32 8 40
6 D-III Teknik Elektro Otomasi Kerjasama Disnaker *) 40 40
7 D-III Teknik Kimia Industri 80 20 100
8 D-III Teknik Instrumentasi 72 18 90
9 D-III Statistika Bisnis 80 20 100
  TOTAL 424 186 610

*) Program D III Teknik Mesin Industri Kerjasama Disnaker dan Teknik Elektro Otomasi Kerjasama Disnaker diselenggarakan bersama dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.

Persyaratan Pendaftaran

  • Lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat semua jurusan tahun 2016, 2017, dan 2018.
  • • Sehat jasmani & rohani dan bebas narkoba, serta memiliki kompentensi tidak buta warna pada prodi D3 Teknik Kimia Industri dan D3 Teknik Elektro Otomasi.

Sistem Penerimaan dan Biaya Pendidikan

Sistem penerimaan calon mahasiswa baru program Sarjana Terapan (D IV) dan Diploma Tiga (D III) tahun akademik 2018/2019, dilakukan dalam 2 (dua) kelompok yaitu sebagai berikut :

  1. Kelompok I
  2. Biaya pendidikan pada kelompok I akan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberlakukan di ITS. Besaran UKT ITS akan ditentukan dengan Indeks Kemampuan Orang tua. Range nilai UKT ITS, terendah Rp. 500.000,- dan tertinggi Rp. 7.500.000,- per semester. Alokasi daya tampung mahasiswa pada kelompok I ditentukan sebesar 80 persen.

  3. Kelompok II
  4. Biaya pendidikan pada kelompok II ini adalah sebagai berikut :

    Program Studi UKT/semester SPI *)
    Sarjana Terapan (DIV) Teknik Sipil Rp. 7.500.000 Rp. 50.000.000
    Diploma III semua program studi Rp. 7.500.000 Rp. 25.000.000
    *) Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) hanya dibayarkan 1 (satu) kali selama kuliah dan dibayarkan pada saat daftar ulang atau registrasi.

    Alokasi daya tampung mahasiswa pada kelompok II adalah sebesar 20 persen.

Pilihan kelompok ini akan ditanyakan pada saat calon peserta melakukan pendaftaran on line. Setiap calon peserta wajib memilih salah satu dari pilihan kelompok yang tersedia.


Pilihan A : Calon peserta hanya bersedia mengikuti seleksi kelompok I
Pilihan B : Calon peserta bersedia mengikuti seleksi kelompok I dan seleksi kelompok II, apabila tidak diterima di kelompok I calon peserta akan diikutkan dalam seleksi kelompok II.

Biaya pendidikan Program Diploma III Kerjasama Disnaker (Program Studi Teknik Mesin Industri dan Teknik Elektro Otomasi) adalah sebagai berikut :

  1. Uang Kuliah (UK) per semester : Rp. 7.500.000,-
  2. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) : Rp. 25.000.000,- *)
  3. *) hanya dibayarkan 1 (satu) kali selama kuliah dan dibayarkan pada saat daftar ulang atau registrasi.

Mekanisme Seleksi

Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui website ITS di http://smits.its.ac.id pada tanggal 6 Juni - 16 Juli 2018.

Tata Cara Pendaftaran Online

Tata cara pendaftaran program Diploma dilaksanakan secara on line dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KAP, PIN dan Kode Pembayaran. Calon peserta menuliskan Nama Lengkap yang sesuai dengan Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL), tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran, KAP dan PIN. Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 12 digit, PIN Pendaftaran sepanjang 16 digit, Kode pembayaran sepanjang 18 digit. PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja setelah dilakukan pembayaran. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  2. Dengan menggunakan kode pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 mulai tanggal 6 Juni – 15 Juli 2018 (paling lambat pukul 24.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (PERHATIAN: Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 16 Juli 2018 pukul 18.00 WIB.
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Diploma . Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. Slip pembayaran.
    2. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  4. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan KAP dan PIN yang tercantum dalam slip pembayaran.
  5. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  6. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  7. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Program Diploma Fakultas Vokasi - ITS. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian.

Pelaksanaan Ujian Tulis

Seleksi Program Sarjana terapan (D-IV) dan Diploma Tiga (D-III) Reguler dan Kerjasama Disnaker dilakukan secara bersamaan.

Hari/Tanggal : Rabu, 18 Juli 2018
Jadwal Pelaksanaan
a. Pengisian data identitas : 07.30 - 08.00 WIB
b. Pelaksaan ujian : 08.00 - 10.00 WIB
Materi Ujian
a. Matematika   (40 soal)
b. Fisika   (40 soal)
c. Bahasa Inggris   (20 soal)
Tempat/lokasi ujian : Kampus ITS Sukolilo, Surabaya

(Detil lokasi ujian akan diberitahukan pada saat pendaftaran on-line di kartu peserta ujian)

Harus dibawa pada saat ujian

  1. Bukti cetak kartu tanda peserta ujian;
  2. Ballpoint, pensil 2B, alat peraut dan penghapus;
  3. 1 lembar fotocopy STK/STTB SMA/SMK/MA, yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi ujian masuk program Program Sarjana terapan (D-IV) dan Diploma Tiga (D-III) akan diumumkan pada hari Jumat, tanggal 20 Juli 2018, di Papan Pengumuman Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahtreraan Mahasiswa (BAPKM), serta di website ITS http://smits.its.ac.id

Pendaftaran Ulang

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian masuk diwajibkan mendaftar ulang pada :

Hari Kamis, Jumat, Senin, dan Selasa
Tanggal : 26 s.d. 31 Juli 2018
Pukul : Pukul 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB

di Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahtreraan Mahasiswa (BAPKM), Kampus ITS Sukolilo Surabaya dengan ketentuan yang akan dikeluarkan pada saat pengumumam hasil seleksi.

Perkuliahan

Kuliah semester Gasal 2018/2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Agustus 2018.

Tanggal Penting

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran 6 Juni - 16 Juli 2018
Ujian tulis 18 Juli 2018
Pengumuman hasil 20 Juli 2018
Pendaftaran ulang 26, 27, 30, dan 31 Juli 2018
Awal Perkuliahan 27 Agustus 2018

Informasi

Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahtreraan Mahasiswa (BAPKM)
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111

Telp. 031 5994251-54
Ext. 1013, 1012
e-mail: baakcare@its.ac.id

Pengantar

Program Sarjana Terapan (D-IV) Lanjut Jenjang, Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi ITS menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk ITS (SMITS). Program ini memberikan kesempatan kepada lulusan Program Diploma Tiga (D-III) Teknik Sipil untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan Program SarjanaTerapan (D-IV) dalam Bidang Teknik Sipil. Penyelenggaraan Program Sarjana Terapan (D-IV) Lanjut Jenjang ini diarahkan menjadi bagian dari jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tipe A1, yakni untuk melanjutkan pendidikan formal melalui pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari jalur pendidikan formal jenjang diploma tiga. Program ini diselenggarakan dengan beban kredit minimal 34 SKS yang dijadwalkan paling lama 4 (empat) semester. RPL ini dilakukan oleh Program Studi Diploma IV Teknik Sipil yang telah mendapat akreditasi B dari BAN-PT Dikti pada Tahun 2014 dengan SK BAN PT Nomor 467/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/XII/2014. Surat Ijin Penyelenggaraan Program Diploma IV Teknik Sipil ini didasarkan pada SK Mendikbud Nomor 382/E/O/2012 tanggal 9 Nopember 2012. Program ini merupakan pendidikan vokasi (terapan) dan berorientasi pada penerapan ilmu untuk menyiapkan kompetensi lulusan, agar lebih adaptif dengan dunia kerja.

Persyaratan Pendaftaran

  • Berijazah Program D-III Teknik Sipil dari PTN atau PTS, dengan IP > 2,75 dan lama studi pada perguruan tinggi asal maksimal 8 (delapan) semester.
  • Program studi D-III asal lulusan minimal harus terakreditasi B.

Daya Tampung dan Biaya Pendidikan

Dayatampung yang tersedia pada Program Sarjana Terapan (D-IV) Lanjut Jenjang Teknik Infrastruktur Sipil sebanyak 40 mahasiswa. Setelah dinyatakan diterima, calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendidikan yang meliputi:

  • Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesarRp. 7.500.000,- per semester
  • dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp. 15.000.000,-
SPI dibayarkan 1 (satu) kali selama kuliah dan dibayarkan bersama-sama dengan pembayaran UKT pada saat melakukan pendaftaran ulang atau registrasi melalui Bank BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN atau Bank Jatim.

Mekanisme Seleksi

Pendaftaran

Pendaftaran Program Lanjut Jenjang D-IV Teknik Sipil dilaksanakan dengan tata cara sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Kode Pembayaran dilaksanakan secara online melalui website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.id. Calon peserta menuliskan Nama Lengkap yang sesuai dengan Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL), tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran sepanjang 18 digit.
  2. Dengan menggunakan kode pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 mulai tanggal 17 s.d. 27 Juli 2018 (paling lambat pukul 15.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, atau Bank Jatim (PERHATIAN: Calon peserta memastikan bahwa semua persyaratan seleksi masuk Lanjut Jenjang D-IV Teknik Infrastruktur Sipil telah dipenuhi. Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran di Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa (BAPKM) ITS, Plaza Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya pada tanggal 17 s.d. 27 Juli 2018, setiap hari Senin s.d. Jum’at, pukul 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB dengan menyerahkan kelengkapan sebagai berikut :
    • Fotocopy ijazah dan transkrip yang telah dilegalisasi;
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm, sebanyak 3 (tiga) lembar;
    • Formulir pendaftaran yang telah diisi;
    • Bukti biaya pendaftaran;
    • Fotocopy sertifikat akreditasi program studi asal yang telah dilegalisasi.
  4. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  5. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Program Lanjut Jenjang D-IV Teknik Infrastruktur Sipil ITS. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian.

Pelaksanaan Ujian

Seleksi Program Sarjana Terapan (D-IV) Lanjut Jenjang dilakukan melalui ujian tulis, penilaian portofolio dan wawancara.

Ujian tulis : Selasa, 31 Juli 2018
Penilaian portofolio dan wawancara : Rabu, 1 Agustus 2018
Jadwal pelaksanaan : Pukul 08.00 WIB s.d. selesai
Tempat / lokasi ujian : Kampus ITS Manyar, Jalan Raya Menu No. 127 Surabaya
Materi ujian : Mekanika Teknik, Mekanika Tanah, Struktur Beton, Struktur Baja, dan Rekayasa Jalan

Harus dibawa pada saat ujian :

  • Bukti cetak kartu tanda peserta ujian;
  • Ballpoint;
  • 1 (satu) lembar fotocopy ijazah dan transkrip yang telah dilegalisasi;
  • Portofolio yang telah diisi dan dilengkapi dengan dokumen pendukungnya. Form portofolio dapat diunduh di website BAPKM http://bapkm.its.ac.id

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi ujian masuk Program Sarjana Terapan (D-IV) Lanjut Jenjang akan diumumkan pada hari Jumat tanggal 3 Agustus 2018 di papan pengumuman Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa (BAPKM) ITS dan di Website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.id

Pendaftaran Ulang

Peserta yang dinyatakan lulus ujian masuk diwajibkan mendaftar ulang di sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa (BAPKM) ITS pada:

Hari : Rabu dan Kamis
Tanggal : 8 – 9 Agustus 2018
Waktu : Pukul 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB

Perkuliahan

Kuliah Semester Gasal 2018/2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Agustus 2018

Informasi

Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahtreraan Mahasiswa (BAPKM)
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111

Telp. 031 5994251-54
Ext. 1012, 1013, 1015
e-mail: baakcare@its.ac.id

Tanggal Penting Seleksi Program Lanjut Jenjang D-IV Teknik Infrastruktur Sipil

Pendaftaran 17 - 27 Juli 2018
Ujian Tulis 31 Juli 2018
Penilaian Portofolio dan Wawancara 1 Agustus 2018
Pengumuman Hasil 3 Agustus 2018
Pendaftaran Ulang 8 – 9 Agustus 20187
Awal Perkuliahan 27 Agustus 2018