INFORMASI BARU !!!
Telah dibuka program Kelas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), selengkapnya klik disini

Pengantar

ITS menyelenggarakan Seleksi Masuk Pascasarjana melalui 2 (dua) program, yaitu:
1. Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
Pengakuan hasil belajar dari pendidikan formal di Perguruan Tinggi berupa Lanjut Jenjang, Lintas Jenis, Pindahan dan Lanjut tidak Sebidang (A1) serta *Pengakuan hasil belajar dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja (A2).
2. Program Non RPL
Pendidikan formal di Perguruan Tinggi berupa Lanjut Sejenis dan Lanjut Sebidang. Sebagai contoh Sarjana Terapan (D4) ke Magister Terapan (S2 Terapan) dan sebidang atau Sarjana (S1) ke Magister (S2) dan sebidang.
Mohon Dipastikan Calon Pendaftar Memenuhi Untuk Program RPL atau Non RPL

SELEKSI JALUR RPL

RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Berdasarkan Peraturan Rektor ITS no 26 Tahun 2018, Tipe RPL yang diselenggarakan di ITS adalah tipe A1, tipe A2 dan tipe B1.

Skema RPL

RPL A1 adalah metode pengakuan terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan formal di Perguruan Tinggi, sama seperti proses Alih Kredit (credit transfer); hasil pengakuan yang diperoleh adalah Keputusan tentang Pengakuan Alih Kredit.

Jenis RPL A1 terdiri dari : Lanjut Jenjang, Lintas Jenis, Pindahan dan Lanjut tidak Sebidang sebagaimana dijelaskan dalam Tabel berikut ini:

Kode
Jenis
Prodi Asal
Prodi Tujuan
Contoh
A1.2.2
Lintas Jenis
(vokasi ←→ akademik)
Sarjana Terapan
Magister
D4 Prodi X → S2 Prodi X
A1.2.3
Sarjana
Magister Terapan
S1 Prodi X → S2 Terapan Prodi X
A1.2.4
Magister Terapan
Doktor
S2 Terapan Prodi X → S3 Prodi X
A1.3.4
Pindahan
(belum menyelesaikan pendidikan terdahulu, keluar dengan martabat, sebidang dan tidak sebidang)
Magister Terapan
Magister Terapan
S2 Terapan Prodi X → S2 Terapan Prodi X
A1.3.5
Magister
Magister
S2 Prodi X → S2 Prodi X
A1.3.6
Doktor
Doktor
S3 Prodi X → S3 Prodi
A1.4.1
Lanjut tidak sebidang (bidang studi berbeda)
Sarjana Terapan
Magister Terapan
D4 Prodi X → S2 Terapan Prodi Y
A1.4.2
Sarjana
Magister
S1 Prodi X → S2 Prodi Y
A1.4.3
Magister
Doktor
S3 Prodi X → S3 Prodi X

RPL A2 adalah metode pengakuan terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja yang dilakukan dalam dua tahap yaitu: asesmen dan rekognisi; hasil pengakuan yang diperoleh adalah keputusan tentang Pengakuan Jumlah SKS dan Mata Kuliah yang Diakui.

Kode
Jenjang Pendidikan Asal
Jenjang Pendidikan Tujuan
Contoh Kasus
A2.2.1
Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
Profesi, Magister, Magister Terapan
D4 Prodi X → S2 Terapan Prodi X
A2.2.2
Sarjana + Pengalaman Kerja
S1 Prodi X → S2 Prodi X

Program RPL

Jenis program RPL adalah sebagai berikut:

Program Reguler

Program Magister dan Doktor dari seleksi RPL yang ditempuh sepenuhnya di ITS.

Program Beasiswa ITS

ITS menyelenggerakan beasiswa untuk mahasiswa ITS yang berprestasi yaitu Fresh Graduate untuk RPL

Beasiswa Fresh Graduate untuk RPL :
  1. Pendaftaran mengikuti jadwal pendaftaran pascasarjana Gelombang II.
  2. Diperuntukkan bagi mahasiswa S1/D4 yang akan lulus (wisuda ke-123 yaitu Maret 2021 dan diperlukan Surat Pernyataan Akan Lulus) atau telah lulus (wisuda ke-121 yaitu Maret 2020 dan ke-122 yaitu September 2020) dari ITS maksimal 1 tahun.
    *) Pengumuman yang lulus beasiswa akan diumumkan pada tanggal 24 Februari 2021 Pukul 21.00 WIB
  3. Mempunyai IPK minimal 3.25, TPA minimal 450, Toefl minimal 477.
  4. Masa studi maksimal 10 semester.
  5. Program RPL A1.2.2; A1.2.3; A1.4.1; dan A1.4.2.
  6. Mendapatkan rekomendasi dari mantan pembimbing akademik program sarjana atau dosen senior (guru besar, doktor, atau master dengan jabatan lektor).
  7. Ada proses seleksi di Program Studi.
  8. Beasiswa ini gratis SPP maksimal 4 semester.

Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Pascasarjana ITS membuka Program PJJ Mata Kuliah atau disebut juga Kelas PJJ dengan seleksi jalur RPL. Adapun ketentuan sebagai berikut:

  1. Peraturan Akademik Program PJJ sama dengan Program Reguler
  2. Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler
  3. Persyaratan Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler

Program PJJ Mata Kuliah atau Kelas PJJ yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Kelas PJJ Reguler
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri
    • Perkuliahan secara daring dilaksanakan bersamaan dengan mahasiswa regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00)
    • Pada saat perkuliahan offline dapat dijalankan melalui smart classroom
  2. Kelas PJJ Kerjasama
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait
    • Kelas PJJ Kerjasama diselenggarakan secara terpisah (jika jumlahnya mencukupi) atau digabungkan dengan PJJ regular (jika jumlah mahasiswa cukup sedikit)
    • Satu kelas PJJ Kerjasama dapat berisi mahasiswa dari berbagai institusi
    • Perkuliahan diselenggarakan dengan waktu yang sama dengan kelas regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 atau sesuai dengan kesepakatan)
    • SPP sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)
  3. Kelas PJJ Profesional
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait atau perseorangan namun hanya mempunyai waktu setelah jam kerja
    • Perkuliahan diselenggarakan di luar jam kerja (Hari Senin s.d. Hari Kamis, Pukul 18.30 s.d. 22.10)
    • Satu kelas bisa berisi mahasiswa dari beberapa institusi atau perseorangan
  4. Kelas PJJ Eksekutif
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri, atau sekumpulan mahasiswa dari instansi tertentu
    • Perkuliahan dilaksanakan di waktu weekend (Hari Jumat, Pukul 18.30 s.d. 22.10 dan Hari Sabtu, Pukul 08.30 s.d. 16.30)
    • Mahasiswa dapat terdiri dari mahasiswa Kerjasama atau biaya mandiri

Program Studi Penyelenggara RPL

Program Studi yang membuka Jalur RPL adalah :

Prodi Penyelenggara RPL A1

Kode
Jenis
Jenjang Pendidikan Asal
Jenjang Pendidikan Tujuan
Prodi Ditawarkan
A1.2.2
Lintas Jenis
(vokasi ←→ akademik)
Sarjana Terapan
Magister
Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Informatika, Teknik Material, Statistika, Teknik Elektro
A1.2.3
Sarjana
Magister Terapan
-
A1.2.4
Magister Terapan
Doktor
Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Arsitektur *), Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Informatika, Statistika, Fisika, Kimia, Matematika, Teknik Elektro
A1.3.4
Pindahan
(belum menyelesaikan pendidikan terdahulu, keluar dengan martabat, sebidang dan tidak sebidang)
Magister Terapan
Magister Terapan
-
A1.3.5
Magister
Magister
-
A1.3.6
Doktor
Doktor
Teknik Mesin
A1.4.1
Lanjut tidak sebidang
(bidang studi berbeda)
Sarjana Terapan
Magister Terapan
-
A1.4.2
Sarjana
Magister
Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika, Teknik Material, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Arsitektur *), Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Informatika, Statistika, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Teknik Elektro
A1.4.3
Magister
Doktor
Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Arsitektur *), Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Informatika, Statistika, Fisika, Kimia, Matematika, Teknik Elektro

*) hanya untuk Magister atau Doktor NON Perancangan Arsitektur

Prodi Penyelenggara RPL A2

Kode
Jenjang Pendidikan Asal
Jenjang Pendidikan Tujuan
Prodi Ditawarkan
A2.1.1
Diploma 1 + Pengalaman Kerja
Diploma Tiga
-
A2.1.2
Diploma 2 + Pengalaman Kerja
Sarjana Terapan
-
A2.1.3
Diploma 3 + Pengalaman Kerja
-
A2.2.1
Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
Profesi, Magister Terapan, Magister
Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Sistem Perkapalan
A2.2.2
Sarjana + Pengalaman Kerja
Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Sistem Perkapalan, Arsitektur

Persyaratan Jalur RPL

Persyaratan Program RPL A1

  1. Persyaratan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi Asal
  2. Akreditasi Perguruan Tinggi
    Akreditasi Prodi Asal
    B
    Minimal Sama dengan Program Studi Tujuan
    A
    B

  3. Daftar Akreditasi Program Studi di ITS
  4. Magister (S2)
    Arsitektur
    A
    Biologi
    B
    Fisika
    A
    Kimia
    A
    Magister Manajemen
    A
    Matematika
    A
    Sistem Informasi
    B
    Statistika
    A
    Teknik Elektro
    A
    Teknik Fisika
    A
    Teknik Geomatika
    A
    Teknik Industri
    A
    Teknik Informatika
    A
    Teknik Kelautan
    B
    Teknik Kimia
    A
    Teknik Lingkungan
    A
    Teknik Material dan Metalurgi
    B
    Teknik Mesin
    A
    Teknik Sipil
    A
    Doktor (S3)
    Ilmu Arsitektur
    A
    Ilmu Fisika
    A
    Ilmu Kimia
    A
    Ilmu Komputer
    B
    Ilmu Statistik
    A
    Ilmu Teknik Kelautan
    A
    Ilmu Teknik Sipil
    A
    Teknik Elektro
    A
    Teknik Industri
    A
    Teknik Kimia
    A
    Teknik Lingkungan
    A
    Teknik Mesin
    A
    Teknik Fisika
    C

  5. Wajib unggah Dokumen melalui http://smits.its.ac.id
    1. Ijazah.
    2. Transkrip dengan skala nilai.
    3. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal pada saat lulus.
    4. Sertifikat Akreditasi Program Studi Asal pada saat lulus.
    5. Silabus Mata Kuliah.

Persyaratan Khusus

Jenis
Program Studi Asal
Program Studi Tujuan
Syarat Khusus
Lintas Jenis
(vokasi ←→ akademik)
Sarjana Terapan
Magister
IPK ≥ 3,25
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Sarjana
Magister Terapan
IPK ≥ 3,25
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Magister Terapan
Doktor
IPK ≥ 3,50
masa studi maksimal di Prodi asal 4 semester
Pindahan
(sebidang dan tidak sebidang)
Magister Terapan
Magister Terapan
IPK ≥ 3,50
  1. Wajib menempuh minimal 2 semester atau sudah menempuh minimal 36 SKS di Program Studi Asal
Magister
Magister
IPK ≥ 3,50
  1. Wajib menempuh minimal 50% dari total SKS di Program Studi Tujuan
Doktor
Doktor
IPK ≥ 3,50
  1. Wajib mengerjakan TA/Thesis/Disertasi di ITS
Lanjut tidak sebidang (bidang studi berbeda)
Sarjana Terapan
Magister Terapan
IPK ≥ 3,25
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Sarjana
Magister
IPK ≥ 3,25
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Magister
Doktor
IPK ≥ 3,25
masa studi maksimal di Prodi asal 4 semester
Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes

Persyaratan Program RPL A2

Persyaratan calon mahasiswa pendaftar RPL A2 :

  1. Mempunyai pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun;
  2. Melengkapi dan mengunggah dokumen yang terdiri atas:
    1. Ijazah dan transkrip;
    2. Sertifikat kompetensi yang dimiliki (bila ada);
  3. Portofolio tentang pengalaman pekerjaan yang telah dilakukan dan/atau hasil karya yang membuktikan kompetensi yang dimiliki dari pimpinan tempat kerja sebelumnya;
  4. Pernyataan dari pimpinan tempat kerja mengenai status pegawai yang meliputi: riwayat jabatan, bidang pekerjaan, lama bekerja, dan kinerja;
Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes

Tata Cara Pendaftaran Program RPL

Bagi calon pendaftar yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dan Lintas Jenis, silahkan mendaftar melalui program RPL berikut ini

  1. Melalui web ITS: smits.its.ac.id calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sesuai tabel berikut :

  4. Kode
    Jenis
    Prodi Asal
    Prodi Tujuan
    Biaya Pendaftaran
    A1.2.2
    Lintas Jenis
    (vokasi ←→ akademik)
    Sarjana Terapan
    Magister
    Rp. 1.000.000
    A1.2.3
    Sarjana
    Magister Terapan
    Rp. 1.000.000
    A1.2.4
    Magister Terapan
    Doktor
    Rp. 1.000.000
    A1.3.6
    Pindahan (Sebidang dan Tidak Sebidang)
    Doktor
    Doktor
    Rp. 1.000.000
    A1.4.1
    Lanjut tidak sebidang
    (bidang studi berbeda)
    Sarjana Terapan
    Magister Terapan
    Rp. 1.000.000
    A1.4.2
    Sarjana
    Magister
    Rp. 1.000.000
    A1.4.3
    Magister
    Doktor
    Rp. 1.000.000
    A2.2.1

    Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
    Profesi, Magister Terapan, Magister
    Rp. 1.000.000
    A2.2.2
    Sarjana + Pengalaman Kerja
    Rp. 1.000.000

    Mulai tanggal 2 November 2020 s.d. 18 Desember 2020 (paling lambat pukul 16.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 18 Desember 2020 pukul 24.00 WIB.

  5. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  6. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat smits.its.ac.id, dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  7. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4) beserta silabus mata kuliah.
    4. Ijazah Magister/Magister Terapan (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister/Magister Terapan (khusus program S3) beserta silabus mata kuliah.
    6. Surat Rekomendasi 2 buah (Rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator).
    7. Menulis Portofolio (bagi pendaftar RPL A2)
    8. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    9. Sertifikat TPA atau TPKA.
    10. Surat Keterangan Sehat
    11. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Formulir kesediaan dosen calon pembimbing bisa diunduh disini, atau bisa dengan cara online, yaitu dengan mencantumkan 2 email rekomendator pada saat mengisi form pendaftaran dan mengupload form rekomendasi yang masih kosong.
  8. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  9. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  10. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  11. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.
  12. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

Biaya Pendidikan RPL

Biaya Pendidikan Program RPL sesuai dengan biaya Pendidikan Progam Reguler di ITS sebagai berikut :

No
Program
Biaya Pendidikan/Semester
SPI *)
IPITS *)
1.
Magister
Rp.10.000.000 (Jalur A1)
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
Rp.25.000.000 (Jalur A2)
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
2.
Doktor
Rp.15.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000

*) hanya dibayarkan sekali pada waktu DAFTAR ULANG


SELEKSI JALUR NON RPL

Seleksi jalur Non RPL diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan memilih program studi sebidang dengan jenjang sebelumnya.

Program Magister

ITS menyelenggarakan pendidikan magister sejak tahun 1993. Pada Tahun Akademik 2020/2021, ITS menyelenggarakan 20 Program Magister Reguler, 16 Program Magister Gelar Bersama dan 6 Program Magister Kerjasama. Beban studi 36 sks untuk lulusan S1 sebidang yang dijadwalkan dalam 4 semester. Proses perkuliahan dilakukan dengan 2 (dua) jalur yaitu jalur reguler dan jalur riset.

Program Magister Jalur Reguler

Program Magister yang ditempuh sepenuhnya di ITS selama 4 semester.

Program Magister Skema Gelar Bersama

Pogram Magister kerjasama ITS dengan perguruan tinggi luar negeri untuk memperoleh double/joint degree. Penjelasan secara lengkap bisa dilihat disini.

Program Magister Kerjasama

Program magister kerjasama ITS dengan instansi atau perusahan dalam negeri. Penjelasan secara lengkap bisa dilihat disini.

Program Magister Skema Beasiswa ITS

ITS menyelenggerakan beasiswa untuk mahasiswa ITS yang berprestasi yaitu Fresh Graduate.

  • Pendaftaran mengikuti jadwal pendaftaran pascasarjana Gelombang I dan II.
  • Diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang akan lulus (wisuda ke-123 yaitu Maret 2021 dan diperlukan Surat Pernyataan Akan Lulus) atau telah lulus (wisuda ke-121 yaitu Maret 2020 dan ke-122 yaitu September 2020) dari ITS maksimal 1 tahun.
    *) Pengumuman yang lulus beasiswa akan diumumkan pada tanggal 24 Februari 2021 Pukul 21.00 WIB
  • Mempunyai IPK minimal 3.25, TPA minimal 450, Toefl minimal 477.
  • Masa studi maksimal 10 semester.
  • Program S1/D4 harus sebidang dengan S2.
  • Mendapatkan rekomendasi dari mantan pembimbing akademik program sarjana atau dosen senior (guru besar, doktor, atau master dengan jabatan lektor).
  • Ada proses seleksi di Program Studi.
  • Beasiswa ini gratis SPP maksimal 4 semester.

Program Magister Jalur Riset

Mahasiswa baru Program Magister jalur riset harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Lulus sarjana dari program studi yang terakreditasi minimal B dengan IPK ≥ 3,00 (skala 4).
  2. Lulus ujian masuk Program Magister yang meliputi: tes potensi kemampuan akademik (TPKA) (minimal 450), TEFL atau yang setara (minimal 477), tes materi bidang (minimal 66), dan wawancara (minimal 66).
  3. Harus memiliki RPL penelitian yang telah dilakukan dan dituliskan dalam bentuk portofolio disertai bukti-bukti, yang dapat diekivalensikan dengan maksimal 3 sks program magister, yaitu : Mempunyai 1 (satu) publikasi ilmiah dalam 5 tahun terakhir yang dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi; atau prosiding seminar internasional (terindeks scopus atau web of science); atau jurnal nasional terakreditasi (Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3 atau Sinta 4). Atau mempunyai 1 (satu) paten yang telah didaftarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - Republik Indonesia dalam 5 tahun terakhir. Format portofolio dapat didownload disini.
  4. Memiliki usulan topik penelitian yang telah dikonsultasikan dengan calon pembimbing.
  5. Nilai Tugas Akhir atau Skripsi adalah A.

Program Magister Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Pascasarjana ITS membuka Program Doktor kelas PJJ dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peraturan Akademik Program PJJ sama dengan Program Reguler
  2. Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler
  3. Persyaratan Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler

Program PJJ Mata Kuliah atau Kelas PJJ yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Kelas PJJ Reguler
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri
    • Perkuliahan secara daring dilaksanakan bersamaan dengan mahasiswa regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00)
    • Pada saat perkuliahan offline dapat dijalankan melalui smart classroom
  2. Kelas PJJ Kerjasama
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait
    • Kelas PJJ Kerjasama diselenggarakan secara terpisah (jika jumlahnya mencukupi) atau digabungkan dengan PJJ regular (jika jumlah mahasiswa cukup sedikit)
    • Satu kelas PJJ Kerjasama dapat berisi mahasiswa dari berbagai institusi
    • Perkuliahan diselenggarakan dengan waktu yang sama dengan kelas regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 atau sesuai dengan kesepakatan)
    • SPP sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)
  3. Kelas PJJ Profesional
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait atau perseorangan namun hanya mempunyai waktu setelah jam kerja
    • Perkuliahan diselenggarakan di luar jam kerja (Hari Senin s.d. Hari Kamis, Pukul 18.30 s.d. 22.10)
    • Satu kelas bisa berisi mahasiswa dari beberapa institusi atau perseorangan
  4. Kelas PJJ Eksekutif
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri, atau sekumpulan mahasiswa dari instansi tertentu
    • Perkuliahan dilaksanakan di waktu weekend (Hari Jumat, Pukul 18.30 s.d. 22.10 dan Hari Sabtu, Pukul 08.30 s.d. 16.30)
    • Mahasiswa dapat terdiri dari mahasiswa Kerjasama atau biaya mandiri

Program Doktor

Program Doktor telah diselenggarakan sejak tahun 2001/2002. Pada Tahun Akademik 2020/2021, diselenggarakan 14 Program Doktor Jalur Reguler, 4 Program Doktor Gelar Bersama dan 10 Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Proses perkuliahan dilakukan dengan 2 (dua) jalur yaitu jalur reguler dan jalur riset.

Program Doktor Reguler

Program doktor yang ditempuh sepenuhnya di ITS selama 6 semester.

Program Doktor Gelar Bersama

Pogram doktor kerjasama ITS dengan perguruan tinggi luar negeri untuk memperoleh double/joint degree. Beasiswa yang disediakan: BU BPKLN dan LPDP. Prodi yang telah menjalankan:

  1. Teknik Elektro – F. ELECTICS dengan NTUST, Kumamoto University, Hiroshima University.
  2. Teknik Mesin – F. INDSYS dengan NCU.
  3. Teknik Sipil – F. CIVPLAN dengan UPMC, NTUST, NCU, Kumamoto University, Hiroshima University, QUT.
  4. Teknik Kimia – F. INDSYS dengan Hiroshima University, NCKU
  5. Teknik Kelautan – F. MARTECH dengan Hiroshima University.
  6. Semua prodi F. INDSYS dan F. CIVPLAN dengan NTUST menyediakan beasiswa khusus bagi mahasiswa Indonesia Timur.

Program Doktor Skema PMDSU

Program doktor bagi mahasiswa S1 berprestasi yang akan melanjutkan studi sampai program doktor yang ditempuh sepenuhnya di ITS selama 8 semester. Beasiswa yang disediakan: BPP DN DIKTI.

Program Doktor Jalur Riset

Mahasiswa baru Program Doktor jalur riset harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Lulus program magister dari program studi yang terakreditasi minimal B dengan IPK ≥ 3,00 (skala 4).
  2. Lulus ujian masuk Program Doktor yang meliputi: tes potensi kemampuan akademik (TPKA) (minimal 450), TEFL atau yang setara (minimal 500), tes materi bidang (minimal 66), dan wawancara (minimal 66).
  3. Harus memiliki RPL penelitian yang telah dilakukan dan dituliskan dalam bentuk portofolio disertai bukti-bukti, yang dapat diekivalensikan dengan maksimal 6 sks program doktor, yaitu : Mempunyai 2 (dua) publikasi ilmiah dalam 5 tahun terakhir yang dipublikasikan dalam jurnal internasional (terindeks scopus atau web of science); prosiding seminar internasional (terindeks scopus atau web of science); jurnal nasional terakreditasi (Sinta 1 atau Sinta 2); atau kombinasi dari itu. Atau mempunyai 1 (satu) publikasi prosiding seminar internasional (terindeks scopus atau web of science) dan 1 (satu) paten yang telah didaftarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - Republik Indonesia dalam 5 tahun terakhir. Format portofolio dapat didownload disini.
  4. Memiliki usulan topik penelitian yang telah dikonsultasikan dengan calon promotor.

Program Doktor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Pascasarjana ITS membuka Program Doktor kelas PJJ dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peraturan Akademik Program PJJ sama dengan Program Reguler
  2. Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler
  3. Persyaratan Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler

Program PJJ Mata Kuliah atau Kelas PJJ yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Kelas PJJ Reguler
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri
    • Perkuliahan secara daring dilaksanakan bersamaan dengan mahasiswa regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00)
    • Pada saat perkuliahan offline dapat dijalankan melalui smart classroom
  2. Kelas PJJ Kerjasama
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait
    • Kelas PJJ Kerjasama diselenggarakan secara terpisah (jika jumlahnya mencukupi) atau digabungkan dengan PJJ regular (jika jumlah mahasiswa cukup sedikit)
    • Satu kelas PJJ Kerjasama dapat berisi mahasiswa dari berbagai institusi
    • Perkuliahan diselenggarakan dengan waktu yang sama dengan kelas regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 atau sesuai dengan kesepakatan)
    • SPP sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)
  3. Kelas PJJ Profesional
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait atau perseorangan namun hanya mempunyai waktu setelah jam kerja
    • Perkuliahan diselenggarakan di luar jam kerja (Hari Senin s.d. Hari Kamis, Pukul 18.30 s.d. 22.10)
    • Satu kelas bisa berisi mahasiswa dari beberapa institusi atau perseorangan
  4. Kelas PJJ Eksekutif
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri, atau sekumpulan mahasiswa dari instansi tertentu
    • Perkuliahan dilaksanakan di waktu weekend (Hari Jumat, Pukul 18.30 s.d. 22.10 dan Hari Sabtu, Pukul 08.30 s.d. 16.30)
    • Mahasiswa dapat terdiri dari mahasiswa Kerjasama atau biaya mandiri

Program Studi Penyelenggara Non RPL

Fakultas Departemen/Prodi S2 S3
Fakultas Sains dan Analitika Data (F-SCIENTICS)
FISIKA
Fisika (S2):
1. Fisika (Fisika Material, Fisika Teori, Fisika Medis dan Biofisika, Optoelektronika, Geofisika, dan Instrumentasi)

Fisika (S3):
1. Fisika
terima
terima
MATEMATIKA
Matematika (S2): Buka PJJ (Reguler dan Kerjasama)
1. Analisis dan Aljabar Terapan
2. Pemodelan Matematika dan Simulasi
3. Ilmu Komputer

Matematika (S3):
1. Matematika
terima
terima
STATISTIKA
Statistika (S2): Buka PJJ (Reguler dan Kerjasama)
1. Statistika (Statistika, dan Data Science)

Statistika (S3):
1. Statistika
terima
-
Kimia (S2): Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
1. Kimia Organik
2. Kimia Anorganik
3. Kimia Fisik
4. Kimia Analitik
5. Biokimia

Kimia (S3): Buka PJJ
1. Ilmu Kimia
terima
terima
BIOLOGI
Biologi (S2): Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Eksekutif)
1. Biologi (Bioteknologi, Biologi Kelautan dan Biologi Lingkungan)
terima
-
Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (F-INDSYS)
Teknik Mesin (S2):
1. Teknik Mesin Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)

Teknik Mesin (S3):
1. Teknik Mesin
terima
terima
Teknik Kimia (S2):
1. Teknologi Proses Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)

Teknik Kimia (S3) Buka PJJ:
1. Teknik Kimia
terima
terima
Teknik Fisika (S2) Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif) :
1. Rekayasa Instrumentasi Industri
2. Rekayasa Energi Terbarukan

Teknik Fisika (S3) Buka PJJ :
1. Tenik Fisika
terima
terima
Teknik Industri (S2) Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Eksekutif):
1.   Rekayasa dan Manajemen Sistem Manufaktur 
2.   Rekayasa Optimasi Sistem Industri
3.   Logistik dan Manajemen Rantai Pasok
4.   Rekayasa Faktor Manusia dan Keselamatan Kesehatan Kerja
5.   Manajemen Rekayasa
6.   Operations and Supply Chain Engineering
7.   Teknik Sistem dan Industri 
 
Teknik Industri (S3):
1.   Teknik Industri Buka PJJ
terima
terima
Teknik Material & Metalurgi (S2):
1.   Teknik Korosi, Metalurgi dan Inovasi Material Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
terima
-
Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (F-CIVPLAN) Teknik Sipil (S2):
1.   Geoteknik
2.   Struktur
3.   Manajemen Proyek Konstruksi (Buka PJJ Profesional)
4.   Manajemen dan Rekayasa Sumber Air (Buka PJJ Profesional)
5.   Manajemen Rekayasa Transportasi (Hanya Buka Kelas Eksekutif) (Buka PJJ Profesional)
6.   Manajemen Aset Konstruksi
7.   Teknik dan Manajemen Jalan Rel
8.   Hidroinformatika
9. Rekayasa dan Manajemen Bangunan Tinggi
10. Rekayasa dan Manajemen Bendungan
 
Teknik Sipil (S3):
1.   Teknik Sipil
A2 dan Khusus PJJ terima
Teknik Lingkungan (S2):
  1. Teknik Lingkungan
  2. Teknik Sanitasi Lingkungan
  3. Manajemen Lingkungan (Buka PJJ Reguler dan Profesional)

Teknik Lingkungan (S3):
  1. T. Lingkungan
terima terima
Teknik Geomatika (S2) Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
1.   Teknik Geomatika
2.   Teknik Geofisika
terima -
Arsitektur (S2):
1.   Arsitektur (Perumahan Pemukiman; Teori, Sejarah dan Kritik; Perancangan Kota; Arsitektur Lingkungan; Manajemen Pembangunan Kota; Real Estate)
2.   Perancangan Arsitektur
3.   Pendidikan Profesi Arsitek (PPAR)
 
Arsitektur (S3):
1.   Arsitektur
-
-
Fakultas Teknologi Kelautan (F-MARTECH)
Teknik Kelautan (S2):
1.   Teknik Perancangan Bangunan Laut Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
2.   Teknik dan Manajemen Pantai Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
3.   Teknik dan Manajemen Energi Laut Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
4.   Teknik Produksi dan Material Kelautan Buka PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
5.   Teknik Transportasi Laut
 
Ilmu Teknik Kelautan (S3):
1.   Teknik Kelautan (Teknik Perancangan Bangunan Laut; Teknik dan Menejemen Pantai; Teknik dan Manajemen Energi Laut)
2.   Teknik Perkapalan
3.   Teknik Transportasi Laut
terima terima

Teknik Sistem Perkapalan S2 Reguler Buka PJJ (Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
1.    Marine Machinery System
2.    Marine reliability and availabity, management and safety
3.    Marine electrical and automation
4.    Marine power plant
5.    Marine manufacturing and design
6.    Marine operation and maintenance

Teknik Sistem Perkapalan S2 Double Degree
1.    Marine Machinery System
2.    Marine reliability and availabity, management and safety
3.    Marine electrical and automation
4.    Marine power plant
5.    Marine manufacturing and design
6.    Marine operation and maintenance

Teknik Sistem Perkapalan S3 Buka PJJ
1.    Teknik Sistem Perkapalan

terima terima
Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (F-ELECTICS) Teknik Elektro (S2) Buka PJJ (Reguler dan Kerjasama)
1.    Teknik Sistem Tenaga
2.    Teknik Sistem Pengaturan
3.    Telekomunikasi Multi Media
4.    Teknik Elektronika
5.    Jaringan Cerdas Multimedia
6.    Telematika

Teknik Elektro (S3) Buka PJJ:
1.    Teknik Elektro
terima
terima
Teknik Informatika (S2):
1. Teknik Informatika Buka PJJ (Kerjasama, Profesional)
 
Teknik Informatika (S3):
1. Ilmu Komputer
Khusus PJJ
-
Sistem Informasi Buka PJJ (Eksekutif) terima -
Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (F-CREABIZ)

Manajemen Teknologi (S2):
1. Manajemen Industri (kelas Surabaya) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama
2. Manajemen Proyek (Kelas Surabaya & Jakarta) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama
3. Manajemen Teknologi Informasi (Kelas Surabaya) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama
4. Manajemen Bisnis Maritim (Kelas Surabaya & Jakarta) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama
5. Manajemen Rantai Pasok (Kelas Surabaya & Jakarta) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama
6. Analitika Bisnis (Kelas Surabaya & Jakarta) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama
7. Manajemen Desain Inovasi (Kelas Surabaya) - PJJ Profesional, Eksekutif, Kerjasama

Manajemen Teknologi (S3):
1. Manajemen Teknologi - PJJ Eksekutif

terima
terima

Persyaratan Jalur Non RPL

  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,25
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,75
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator yang berasal dari :
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja.
    2. Mantan pembimbing akademik program sarjana.
    3. Dosen senior dengan jabatan fungsional minimal lektor.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 450 (untuk program master) dan 477 (untuk program doktor) dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Sertifikat TEFL paper based dapat digantikan dengan sertifikat IELTS dengan skor minimal 4.5 atau TOEFL IBT dengan skor minimal 32.
    4. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450 (untuk program master) dan 450 (untuk program doktor), yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat di tpka.its.ac.id atau mengubungi Telp. (031) 5994251 - ext 1126, 1384.
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini, serta formulir kesediaan dosen calon pembimbing bisa diunduh disini, atau bisa dengan cara online, yaitu dengan mencantumkan 2 email rekomendator pada saat mengisi form pendaftaran dan mengupload form rekomendasi yang masih kosong.

Tata Cara Pendaftaran Non RPL

Bagi calon pendaftar yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dan Lintas Jenis, silahkan mendaftar melalui program RPL pada pendaftaran semester gasal

  1. Melalui web ITS: smits.its.ac.id calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 Mulai tanggal 2 November 2020 s.d. 18 Desember 2020 (paling lambat pukul 16.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 18 Desember 2020 pukul 24.00 WIB.
  4. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  5. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat smits.its.ac.id, dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  6. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister (khusus program S3).
    6. Surat Rekomendasi 2 buah (Rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator).
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 (Reguler dan Riset) serta S2 Jalur Riset harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Formulir kesediaan dosen calon pembimbing bisa diunduh disini, atau bisa dengan cara online, yaitu dengan mencantumkan 2 email rekomendator pada saat mengisi form pendaftaran.
    11. Portofolio (S2 dan S3 Jalur Riset). Format portofolio dapat didownload disini.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  10. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.
  11. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

 

Biaya Pendidikan Non-RPL

Biaya pendidikan Program Pascasarjana ITS untuk seleksi jalur Non-RPL adalah sebagai berikut :

No. Program   Biaya Pendidikan SPI *) IPITS *)
1. Magister Jalur Reguler dan Jalur Riset Rp. 10.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Kelas Eksekutif Teknik Industri Rp. 13.000.000 Sesuai dengan PKS (MOA) Rp. 1.250.000
    Kelas Eksekutif Teknik Sipil Rp. 18.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Kelas Eksekutif Teknik Lingkungan Rp. 15.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Double Degree T. Sistem Perkapalan Rp. 25.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Joint Degree T. Mesin Rp. 15.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Reguler Rp. 12.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Kerjasama Min Rp. 15.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Profesional Rp. 17.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Eksekutif Rp. 20.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
2. Magister Manajemen Teknologi Kelas Surabaya      
    Profesional (Malam) Rp. 15.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Eksekutif (Akhir Pekan) Rp. 17.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Kelas Jakarta      
    Profesional (Malam) Rp. 17.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Eksekutif (Akhir Pekan) Rp. 20.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    Kerjasama PT INKA Madiun Rp. 20.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
3. Doktor Jalur Reguler dan Jalur Riset Rp. 15.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
    Manajemen Teknologi Rp. 25.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
    PJJ Reguler Rp. 17.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Kerjasama Min Rp. 20.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Profesional Rp. 22.500.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
    PJJ Eksekutif Rp. 25.000.000 Tidak ada Rp. 1.250.000
4. Magister dan Doktor Kerjasama Sesuai dengan PKS (MOA) Sesuai dengan PKS (MOA) Rp. 1.250.000
           
    *) hanya dibayarkan sekali pada waktu DAFTAR ULANG    

Waktu Pendaftaran Jalur RPL dan Non RPL

Gelombang I
Pendaftaran 13 - 18 Oktober 2020
Ujian Masuk 19 Oktober 2020
Pengumuman 19 Oktober 2020
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 1 - 5 Februari 2021
Pendaftaran Ulang : Pembayaran UKT 15 - 17 Februari 2021
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 23 Februari 2021
 
Gelombang II
Pendaftaran 2 November 2020 - 18 Desember 2020
Ujian Masuk 4 - 15 Januari 2021
Pengumuman 22 Januari 2021
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 1 - 5 Februari 2021
Pendaftaran Ulang : Pembayaran UKT 15 - 17 Februari 2021
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 23 Februari 2021
 

Informasi Lebih Lanjut

Sekretariat Pendaftaran Program Pascasarjana ITS
Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik
Gedung KPA Plasa Dr. Angka Lantai 3
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya
Telp. (031) 5994251 ext. 1126, 1384
email: pasca-its@its.ac.id