PENGUMUMAN
HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU PROGRAM REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU PADA PROGRAM STUDI PROGRAM PROFESI INSINYUR
(PSPPI) - ITS PERIODE SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021 GELOMBANG II DAN GELOMBANG III DAPAT DILIHAT PADA TAUTAN BERIKUT INI
HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU PROGRAM REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU PADA PROGRAM STUDI PROGRAM PROFESI INSINYUR
(PSPPI) - ITS PERIODE SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021 GELOMBANG III SUSULAN DAPAT DILIHAT PADA TAUTAN BERIKUT INI
ALUR DAFTAR ULANG
Berikut Alur Daftar Ulang Program Pascasarjana ITS Gelombang III Periode Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 dapat dilihat pada tautan berikut ini
CARA PEMBAYARAN UKT
Cara pembayaran UKT melalui bank kerjasama ITS dapat dilihat pada tautan berikut ini
Untuk memenuhi kebutuhan jumlah insinyur di masa sekarang ini, maka
Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Kelembagaan
Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berada di bawah
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan mandat
kepada 40 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk
menyelenggarakan Program Profesi Insinyur. Program Studi Program
Profesi Insinyur (PSPPI) sebagai lingkup dari amanat Undang-Undang
Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran merupakan upaya pemerintah
mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri,
bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai
standar sertifikasi dalam waktu yang mendesak.
Para sarjana teknik/teknik terapan/sains yang mengikuti PSPPI ini
akan memperoleh sertifikat profesi Insinyur dan berhak menggunakan
gelar Insinyur (Ir.). Menurut Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
(KKNI) program profesi menempati level ketujuh pada kerangka
kualifikasi Pendidikan di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh
Nopember (ITS) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri penerima
mandat tersebut, telah berupaya memenuhi persyaratan yang ditetapkan
dalam pembukaan PSPPI ini. Saat ini, Program Profesi Insinyur yang akan
diselenggarakan oleh ITS melalui Program Rekognisi Pembelajaran Lampau
(RPL) yang pengelolaannya di bawah Fakultas Vokasi ITS. Program RPL
merupakan proses pengakuan atas pengalaman seseorang berupa pengalaman
keinsinyuran, pendidikan informal, aktivitas keinsinyuran ke dalam
sektor pendidikan formal berdasarkan capaian pembelajaran PSPPI ITS.
Calon mahasiswa yang dapat mendaftar merupakan lulusan dari prodi
Sarjana/ Sarjana Terapan berikut ini:
- Teknik Geofisika
- Teknik Geomatika/ Teknik Geodesi
- Teknik Sipil
- Perencanaan Wilayah Kota/ Planologi
- Teknik Mesin
- Teknik Kimia
- Teknik Industri
- Teknik Fisika
- Teknik Material
- Teknik Elektro
- Teknik Lingkungan/ Teknik Penyehatan
- Teknik Kelautan
- Teknik Perkapalan
- Teknik Sistem Perkapalan
- Teknik Transportasi Laut
- Teknik Informatika
- Teknik Arsitektur
Dalam Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di PSPPI ITS,
mahasiswa direncanakan menempuh program satu semester dengan beban
studi 24 SKS. Beban 24 SKS tersebut terbagi pada beberapa Mata Kuliah
yaitu:
- Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 sks)
- Profesionalisme (2 sks)
- Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (2 sks)
- Praktek Keinsinyuran (12 SKS)
- Studi Kasus (4 sks)
- Seminar (2 sks)
Sistem RPL Mata Kuliah Praktek Keinsinyuran (12 SKS):
- Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan
self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara
daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman
yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana
terapan/ diploma empat.
- Selain itu, calon mahasiswa juga harus mengisi portofolio, yang
berisi kegiatan keinsinyuran sejak lulus sarjana/ sarjana terapan
bidang teknik
- Saat tes wawancara, dokumen self assessment dan
portofolio kegiatan keinsinyuran tersebut akan dikonfirmasi ulang oleh
Tim Penguji
- Tim Penguji memutuskan apakah mahasiswa diterima atau tidak
menjadi mahasiswa di PSPPI ITS
- Proses self assessment, mengisi portfolio kegiatan
keinsinyuran dan wawancara tersebut merupakan proses Rekognisi
Pembelajaran Lampau (RPL) di PSPPI ITS, dan diakui sebagai Mata Kuliah
Praktek Keinsinyuran (12 SKS).
Sistem RPL Mata Kuliah Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 sks),
Profesionalisme (2 sks) dan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan
Lingkungan (2 sks):
- Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan
self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara
daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman
yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana
terapan/ diploma empat.
- Selain proses self assessment tersebut, mahasiswa akan
diberi pembekalan pada minggu pertama tatap muka, yaitu pada minggu
ke-1 sesuai kalender akademis ITS. Dalam pembekalan tersebut, mahasiswa
akan diberi materi yang disertai dengan diskusi di dalam kelas. Di
akhir pembekalan, mahasiswa akan diberi tugas terkait kode etik,
profesionalisme dan K3L di tempat kerja masing-masing. Contoh bentuk
tugas tersebut misalnya melakukan evaluasi atas sistem K3L di tempat
kerja masing-masing mahasiswa, dsb.
- Pada minggu ke-2 sampai dengan minggu ke-7 mahasiswa dapat
berkomunikasi secara daring dengan dosen masing-masing, terkait tugas
pembelajaran tersebut.
- Pada minggu ke-8 dilaksanakan tatap muka kedua yang kegiatannya
dapat berupa pembahasan tugas dan/atau evaluasi, tugas lanjutan dan
diskusi.
- Pada minggu ke-9 sampai dengan minggu ke-15 mahasiswa dapat
berkomunikasi secara daring dengan dosen masing-masing, terkait tugas
pembelajaran tersebut.
- Pada minggu ke-16 dilakukan evaluasi akhir.
- Hasil dari proses tersebut merupakan bentuk RPL untuk ketiga mata
kuliah tersebut.
Sistem RPL Mata Kuliah Studi Kasus (4 SKS):
- Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan
self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara
daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman
yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana
terapan/ diploma empat.
- Pada minggu ke-1 mahasiswa akan diberi studi kasus keinsinyuran
yang harus dikerjakan. Konsultasi studi kasus tersebut dapat dilakukan
secara daring antara mahasiswa dengan dosen.
- Minggu ke-16 mahasiswa melakukan presentasi hasil dari studi
kasus.
- Hasil dari proses tersebut merupakan bentuk RPL untuk Mata Kuliah
Studi Kasus tersebut.
Sistem RPL Mata Kuliah Seminar (2 SKS):
- Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan
self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara
daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman
yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana
terapan/ diploma empat.
- Pengakuan mata kuliah ini adalah berupa pengalaman mahasiswa
melakukan presentasi karya ilmiah pada forum ilmiah di bidang
keinsinyuran. Sebagai bukti kegiatan tersebut mahasiswa harus
mengunggah soft copy makalahnya (prosiding) pada proses self
assessment di atas, disertai data kegiatan seminar, waktu dan
lokasi kegiatan. Ketentuan lain dari syarat ini adalah bahwa mahasiswa
harus menjadi penulis pertama dan mempresentasikan sendiri makalah
tersebut. Apabila mahasiswa pernah melakukan hal tersebut maka akan
dinilai sebagai bentuk RPL Mata Kuliah Seminar (2 sks).
- Dalam hal mahasiswa tidak memiliki karya ilmiah yang
diseminarkan, maka presentasi di Mata Kuliah Studi Kasus merupakan
pengganti dari poin 2 tersebut di atas.
- Hasil dari proses tersebut merupakan bentuk RPL untuk Mata Kuliah
Seminar tersebut.
- Berlatar belakang Sarjana (S1) bidang teknik, sarjana terapan
bidang teknik, sarjana pendidikan bidang teknik, atau sarjana bidang
sains yang didapat dari perguruan tinggi yang terakreditasi, minimal B.
- Berasal dari program studi yang termasuk dalam bidang konsentrasi
pembimbingan yang ada di PSPPI ITS.
- Telah memiliki pengalaman kerja dalam praktik bidang keinsinyuran
paling sedikit 2 (dua) tahun setelah lulus sarjana/ sarjana terapan
tersebut.
- Lulus seleksi masuk/tes masuk :
- Self Assessment
- Wawancara
- Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik
dan finansial yang berlaku.
- Bagi pendaftar harus mengisi portofolio pengalaman
keinsinyurannya sesuai format, yang dapat diunduh disini.
- Syarat Khusus
Untuk sarjana pendidikan bidang teknik; atau sarjana sains:
- Telah melakukan program penyetaraan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik setelah
berpengalaman kerja di bidang keinsinyuran paling sedikit selama 3 (tiga) tahun;
- Telah memiliki pengalaman kerja dalam Praktik keinsinyuran sekurang-kurangnya 2 ( dua) tahun, dan;
- Pengalaman di bidang teknik dibuktikan dengan surat pernyataan dari masing-masing lembaga tempat yang
bersangkutan bekerja
- Melalui web ITS: smits.its.ac.id
calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran
(KAP) dan Personal Identification Number (PIN).
Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email
yang valid.
- Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode
Bayar, KAP dan PIN.
- Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya
pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000,00
Mulai tanggal 04 Januari s.d. 07 Februari 2021 (paling lambat pukul 16.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet
Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya
pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara
online, pengisian self assessment dan portofolio ditutup pada tanggal 17 Februari 2021 pukul 24.00
WIB.
- Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
- Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui
Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan
alamat smits.its.ac.id,
dengan login menggunakan KAP dan PIN.
- Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus
menyiapkan:
- File pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm (memakai
pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG
atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
- Ijazah Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4).
- Transkrip Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4).
- Paper seminar yang pernah dipresentasikan dan sebagai penulis
pertama (jika ada)
- Harus membuat isian pengalaman kegiatan keinsinyuran dengan
format dapat diunduh disini
- Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti
Pendaftaran online.
- Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut
pada tempat yang disediakan.
- Kartu peserta dibawa pada waktu test wawancara.
- Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada
saat wawancara.
Kegiatan |
Hari |
Tanggal |
GELOMBANG I
|
|
|
Pendaftaran Program Profesi Insinyur (PPI) |
- |
2 November - 03 Januari 2021
|
Pengumuman Peserta Tes Wawancara |
Rabu |
6 Januari 2021
|
Pelaksanaan Tes Wawancara |
Sabtu |
9 Januari 2021
|
Pengumuman Lolos Tes Wawancara |
Jumat |
15 Januari 2021
|
|
|
|
Pengisian sipmaba secara online (termasuk upload dokumen data) |
Senin-Minggu |
1 - 7 Februari 2021
|
Daftar Ulang Mahasiswa Baru (pembayaran SPP) |
Senin-Rabu |
15 - 17 Februari 2021
|
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) |
Senin-Jumat |
1 - 5 Maret 2021
|
|
|
|
GELOMBANG II
|
|
|
Pendaftaran Program Profesi Insinyur (PPI) |
- |
04 Januari - 07 Februari 2021
|
Pengumuman Peserta Tes Wawancara |
Rabu |
10 Februari 2021
|
Pelaksanaan Tes Wawancara |
Sabtu |
13 Februari 2021
|
Pengumuman Lolos Tes Wawancara |
Senin |
15 Februari 2021
|
|
|
|
Pengisian sipmaba secara online(termasuk upload dokumen data) |
Selasa-Rabu |
16 - 18 Februari 2021
|
Daftar Ulang ( Pembayaran UKT) |
Kamis-Jumat |
25 - 26 Februari 2021
|
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) |
Senin-Jumat |
1 - 5 Maret 2021 |
|
|
|
Pelaksanaan Rekognisi Pembelajaran Lampau |
|
|
Minggu I: Pembekalan Tatap Muka |
Sabtu |
13 Maret 2021 |
Minggu II-XV: Komunikasi Online |
|
20 Maret 2021 – 26 Juni 2021 |
Minggu XVI: Tatap Muka ke-2 |
Sabtu |
3 Juli 2021 |
Biaya pendidikan PSPPI ITS adalah sebagai berikut :
Biaya Pendidikan |
Keterangan |
Rp 12.500.000,00 |
Sudah termasuk: biaya pendaftaran Anggota Persatuan Insinyur
Indonesia (PII) dan Iuran Tahun Pertama
|
Sekretariat Pendaftaran Program
Pascasarjana ITS
Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik
Gedung KPA Plasa Dr. Angka Lantai 3
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya
Telp. (031) 5994251 ext. 1126, 1384
email: pasca-its@its.ac.id